ASSALAMUALAIUKUM WR WB

WELCOME TO MY BLOG

ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

Saturday, December 3, 2011

PENGANTAR BISNIS>SOFTSKILLS>TULISAN 2


FRANCHISE YANG BERHASIL DI INDONESIA
KFC

Salah satu franchise yang berhasil di dunia dan berhasil pula di Indonesia yaitu Kentucky Fried Chicken yang didirikan oleh Colonel Harland Sanders. Kentucky Fried Chicken adalah restoran cepat saji yang menu utamanya adalah ayam goreng.
Dan inilah sejarah berdirinya Kentucky Fried Chicken (KFC) :
Kentucky Fried Chicken  didirikan oleh Colonel Harland Sanders (lahir pada 9 September 1890) pada usia enam puluh lima. KFC merupakan salah satu bisnis terbesar global industri pelayanan makanan dan secara luas dikenal di seluruh dunia sebagai wajah Colonel Sanders.
Setiap tahun, lebih dari satu miliar chicken dinner KFC ® dilayani menampilkan Colonel’s “finger lickin’ good” special recipe. Saat ini Kolonel telah menyebarkan industrinya untuk lebih dari delapan puluh negara dan teritori di seluruh dunia.
Pada usia empat puluh tahun, Colonel Sanders mulai memasak untuk turis di bengkelnya yg terletak di Corbin, KY. Namun, bukan datang untuk layanan mobil mereka, ratusan orang mulai datang ke stasiun Kolonel khusus untuk makanan. Jadi ia memperluas baru-dan-bisnis datang dengan bergerak di seberang jalan ke hotel dan restoran yang kapasitasnya 142 orang. Saat memasak di sini, Colonel Sanders menyempurnakan rahasia sebelas campuran bumbu dan rempah-rempah untuk resep khusus yang masih digunakan sekarang.

            Dengan teknik memasak khusus, Sanders’ station menjadi terkenal dan ia diakui untuk masakan yang luar biasa oleh Gubernur pada waktu itu, Ruby Laffoon pada tahun 1935 ketika ia membuat Kentucky Kolonel; maka nama Colonel Sanders. Pada tahun 1939, Colonel Sanders 'restoran memenangkan teratas di Duncan Hines "Adventures in Good Eating."
Setelah start-up luar biasa pada tahun 1952, Kolonel meyakinkan dirinya selama sisa hidupnya kepada usaha waralaba ayam. Untuk menyebarkan resepnya yang terkenal, ia membentang negara di mobilnya dari usaha kecil di Kentucky untuk memasak dengan ayam untuk pemilik restoran dan karyawannya. Jika mencintai rakyatnya seperti pelanggan yang lain itu, Kolonel membuat kesepakatan dengan pembentukan, mengatakan bahwa mereka akan membayar satu sen untuk setiap ayam mereka dijual di restoran mereka. Begitu banyak restoran setuju bahwa dengan tahun 1964, Kolonel telah lebih dari enam ratus outlet waralaba di Amerika Serikat dan Kanada untuk ayam. Juga pada tahun 1964, Colonel Sanders memutuskan untuk menjual bunga di Amerika Serikat perusahaan untuk perubahan kecil (hanya US $ 2 juta) untuk faksi kecil investor, seperti John Y. Brown Jr, Gubernur Kentucky dari tahun 1980 sampai 1984. Namun, Colonel Sanders terus menjadi juru bicara publik KFC ® dan pada tahun 1976, ia diangkat menjadi kedua di dunia selebriti paling diidentifikasi oleh survei independen.

            Dengankelompok baru ini investor melaksanakan Corporation, KFC ® diperluas dan matang dengan cepat. Corporation terdaftar pada New York Stock Exchange pada 16 Januari 1969, hanya tiga tahun setelah itu pergi publik pada 17 Maret 1966. Kemudian, setelah perusahaan KFC ® diakuisisi oleh Heublein Inc pada 8 Juli 1971 untuk $ 285 million, perusahaan berkembang menjadi memiliki 3.500 waralaba dan restoran di seluruh dunia.

Selanjutnya, Heublein Inc. yang berikutnya diakuisisi oleh RJ Reynolds Industries, Inc (sekarang RJR Nabisco, Inc) pada tahun 1982, membuat Kentucky Fried Chicken ® sebuah anak perusahaan dari Reynolds. Setelah itu, pada bulan Oktober tahun 1986, PepsiCo, Inc melakukan pembelian sebesar $ 840 juta dari RJR Nabisco, Inc

Namun, pada Januari 1997, PepsiCo, Inc mengungkapkan bahwa itu akan membuat KFC ® dan kecil lainnya restoran cepat - Taco Bell dan Pizza Hut - menjadi perusahaan restoran independen yang dikenal sebagai Tricon Global Restaurants, Inc Perusahaan ini juga menyatakan bahwa hal itu akan mengubah nama korporasi Yum! Brands, Inc dalam bulan Mei 2002. Perusahaan ini, yang sekarang ini memiliki A & W All-American Food Restoran, KFC, Long John Silvers, Pizza Hut dan Taco Bell restoran, adalah restoran utama dunia perusahaan dalam hal sistem unit, memiliki menyesakkan 32.500 unit di lebih dari seratus negara dan wilayah.

Sayangnya, setelah melakukan perjalanan 250 ribu mil setiap tahun mengunjungi restoran di seluruh dunia, Colonel Sanders meninggal karena leukemia pada 16 Desember 1980 pada usia sembilan puluh tahun.

Yang cukup menarik, perusahaan global yg sangat besar ini, semua dimulai dengan hanya pria berumur enam puluh lima tahun dan seekor ayam.


The Secret Recipe

Selama bertahun-tahun, Kolonel Harland Sanders membawa formula rahasia untuk Kentucky Fried Chicken di kepalanya dan campuran rempah-rempah di mobilnya. Hari ini, resep terkunci jauh di tempat yang aman di Louisville, Kentucky. Hanya segelintir orang yang tahu, dan masing-masing berkewajiban untuk kerahasiaan ketat oleh kontrak.


Kolonel mengembangkan rumus kembali di tahun 1930-an ketika ia mengoperasikan Pengadilan Sanders & Cafe restoran dan motel di Corbin, Kentucky. Sana, perpaduan dari 11 bumbu dan rempah-rempah yang pertama kali dikembangkan pelanggan setia.

"Pada masa itu, aku mencampur dengan tangan rempah-rempah seperti pencampuran semen pada lantai beton yg dibersihkan khusus di beranda belakang di Corbin," kenang Kolonel. "Aku menggunakan sendok untuk membuat terowongan dalam tepung dan kemudian dicampur dengan hati-hati dalam bumbu dan rempah-rempah."

Pada April 2007, KFC meluncurkan logo mereka saat ini di mana Kolonel melepas jas putih untuk juru masak merah celemek. Logo baru termasuk warna lebih berani dan lebih baik didefinisikan wajah almarhum pendiri Kentucky Fried Chicken, yang akan menjaga dasi kupu-kupu hitam klasik, kacamata dan jenggot. Logo berubah hanya untuk keempat kalinya dalam 50 tahun, dan untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade. Kolonel yang tersenyum adalah fitur terhadap latar belakang merah yang cocok dengan celemek merahnya, dengan nama merek KFC di huruf tebal hitam di bawah dagu.

Perusahaan juga mulai menggunakan sebutan aslinya Kentucky Fried Chicken lagi untuk kemasan, signage, dan iklan di Amerika Serikat sebagai bagian dari program branding-ulang perusahaan; restoran yang lebih baru dan direnovasi akan memiliki logo baru dan nama sementara toko-toko yang lebih tua akan terus menggunakan signage tahun 1991. Selain itu, perusahaan terus menggunakan singkatan KFC dengan bebas dalam iklan. Perusahaan internasional masih dikenal sebagai KFC.

Sumber :
http://cyberwap.net/blog/view.php?id=101836



Keuntungan dari usaha franchise bagi pemilik

Franchise Kentucky Fried Chicken yang sudah terkenal mudah dijumpai dimana-mana. Tersebar sampai hampir diseluruh tanah air Indonesia. Hampir disetiap mall-mall ada KFC. Ini merupakan salah satu keuntungan yang secara tidak langsung menjadikan KFC semakin terkenal dan mudah didapat.
Keuntungan ini juga yang diperoleh oleh pemilik Franchise KFC , dimana pasar yaitu masyarakat luas menjadi mengenal KFC dan setiap KFC yang baru didirikanpun menjadi cepat dikenal dan mendapat pelanggan dengan mudah karena faktor nama dari KFC yang sudah terkenal.
Pelangganpun dapat dengan mudah mendapatkan makanan apa yang diinginkan karena iklan KFC yang tayang di saluran televisi dan dengan demikian, pemilik franchisingpun akan berkurang biaya iklan yang dikeluarkan. Seandainya biaya periklanan ditanggung oleh seluruh pemilik franchisng, maka pengeluaran itupun akan menjadi sangat murah dan kecil.
Pemilik franchisingpun akan mendapatkan keuntungan dari segi pengalaman. Dari segi pengalaman itu didapat karena pastinya franchising yang dimilikinya akan dibantu  mengrusinya/menjalankan franchising  tersebut oleh franchise pusat. Dan otomatis pengalaman franchise pusat yang memang sudah ahli dibidangnya akan dibagi atau diberikan kepada pemilik franchise untuk memajukan franchise yang baru dibangun.


Dampak positif dan dampak negatif dari adanya franchising di Indonesia bagi perkembangan ekonomi di Indonesia
Segala yang terjadi pastinya akan menimbulkan suatu dampak atau hasil yang terjadi. Dampak tersebut dapat berupa dampak yang baik atau dampak positif dan jika ada dampak yang baik, otomatis akan menimbulkan dampak yang buruk atau dampak negatif.

Dampak Positif dari adanya franchising bagi perkembangan ekonomi di Indonesia :
1.      Mengurangi pengangguran yang semakin bertambah banyak
2.      Memberikan peluang usaha bagi seseorang
3.      Berkembangnya usaha kelas menengah
4.      Menambah pemasukan negara yang berasal dari PAJAK
5.      Mempercepat perputaran uang

Dampak Negatif dari adanya franchising bagi perkembangan ekonomi di Indonesia :
1.      Menekan usaha kelas bawah untuk berkembang
2.      Ruang gerak perekonomia menjadi lebih sempit

No comments:

Post a Comment

http://www.facebook.com/profile.php?id=1795768781