1. EFEK-EFEK
EKONOMIS KOPERASI
Salah satu
hubungan penting koperasi adalah dengan para anggotanya, yang sekaligus sebagai
pemilik dan pengguna jasa koperasi.
Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik dan
anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang telah diserahkannya, apakah
menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan
kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, untuk tidaknya tergantung
pelayanan koperasi.
>> Setiap anggota akan berpartisipasi
dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi
A.Jika kegiatan
tersebut sesuai kebutuhannya
B.Jika pelayanan ditawarkan dengan harga,
mutu dan syarat-syarat lebih menguntungkan disbanding dari pihak-pihak luar
perusahaan
2. EFEK HARGA DAN
EFEK BIAYA
Partisipasi
anggota menentukan keberhasilan koperasi, sedangkan tingkat partisipasi anggota
dipengaruhi oleh besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian
dan normative. Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan
ekonomis,maksudnya insentif berupa pelayanan barang-jasa yang dilakukan
koperasi secara efisien, atau adanya pengurangan biaya atau diperolehya harga
menguntungkan serta penerimaan bagian SHU secara tunai maupun bentuk barang.
Bila dilihat dari peranan anggota, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi
harus dibedakan antara harga unruk anggota dan harga non anggota, perbedaan ini
megharuskan daya analisis yang lebih tajam dlam melihat koperasi dalam pasar
yang bersaing.
3. ANALISIS HUB.
EFEK EKONOMIS DENGAN KEBERHASILAN KOPERASI
Koperasi merupakan
badan usaha ekonomi yang bertujuan untuk menigkatkan kesejahteraan hidup para
anggotanya. Ditinjau dari konsep koperasi, fungsi laba tergantung pada besarnya
partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi
partisipasi anggota semakin tinggi manfaat yang terima oleh anggotanya.
Keberhasilan koperasi ditentukan salah satu
faktornya adalah partisipasi anggota, partisipasi anggota sangat erat
hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang diperoleh oleh
anggota koperasi.
4. PENYAJIAN DAN
ANALISIS NERACA PELAYANAN
Bila suatu
koperasi bisa lebih memenuhi pelayan yang sesui dengan kebutuhan anggotanya
dibandingkan dengan pesaingnya, maka partisipasi anggota terhadap koperasi akan
meningkat. Untuk lebih meningkatnkan pelayanannya kepada anggota koperasi
membutuhkan informasi yang dating dari anggotanya sendiri.
Ada 2 faktor koperasi harus meningkatkan
pelayanan kepada anggota koperasinya :
A.Adanya tekanan persaingan dari organisasi
lain
B.Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat
dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan
SUMBER :
POS
KOTA
http://anitapurwati.wordpress.com/2011/12/05/bab-9-evaluasi-keberhasilan-koperasi-di-lihat-dari-sisi-anggota/
No comments:
Post a Comment
http://www.facebook.com/profile.php?id=1795768781