ASSALAMUALAIUKUM WR WB

WELCOME TO MY BLOG

ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

Wednesday, June 27, 2012

nahloh, Portugal Cemaskan Wasit Cakir!


Liputan6.com, Donetsk: Tidak hanya ketajaman pasukan Vicente Del Bosque yang harus dihadapi Portugal saat bertemu Spanyol di semifinal pertama Euro 2012 yang akan berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Rabu (27/6) malam nanti atau Kamis (28/6) dinihari WIB. Sosok wasit pilihan UEFA pun jadi perhatian khusus pasukan Paulo Bento. Lo?

Pada Senin (25/6) lalu, UEFA merilis dua sosok pengadil yang bakal menjadi wasit di dua partai semifinal Euro 2012. Wasit asal Turki Cuneyt Cakir mendapat kehormatan menjadi pengadil laga Derbi Iberia antara Portugal dan La Furia Roja, sementara wasit asal Prancis Stephane Lannoy ditunjuk menjadi pengadil laga antara Jerman dan Italia yang akan berlangsung di National Stadium, Warsawa, Kamis (28/6) malam atau Jumat (29/6) dinihari WIB.

Adalah sosok Cakir, 35 tahun, salah satu wasit termuda di jajaran wasit elite UEFA, yang menjadi perhatian khusus Portugal. Bahkan, menurut sumber, jajaran direksi Federasi Sepakbola Portugal (FPF) sangat cemas dengan ditunjuknya Cakir.

Muncullah spekulasi, jika penunjukan Cakir merupakan “konsekuensi” dari pernyataan Presiden UEFA Michel Platini yang menginginkan di babak pamungkas bakal bertemu dua tim ideal: Spanyol dan Jerman. “Masih banyak kandidat bagus lainnya dari negara yang telah tersingkir. Tapi, mereka (UEFA) menunjuk seseorang yang sesungguhnya tidak memiliki standar seperti para wasit lainnya,” ketus sumber FPF.

Lebih jauh lagi, publik Portugal menengarai jika “tangan” Angel Maria Villar, Presiden Sepakbola Federasi Spanyol (RFEF) yang juga menjadi Wakil Presiden UEFA plus Chairman Komite Wasit UEFA berperan dalam penunjukan Cakir. “Ialah (Maria Villar) sosok yang bisa membuat perbedaan,” ujar seorang jurnalis Portugal di media centre Opalencia.

Di mata Portugal, sosok Cakir dinilai belum cukup pantas untuk memimpin jalannya laga krusial seperti halnya partai semifinal Euro 2012. Sejauh ini, di turnamen, Cakir baru dua kali memimpin jalannya partai penyisihan grup antara Ukraina vs Swedia dan Italia vs Republik Irlandia.

Di Turki pun reputasi Cakir diklaim kurang bagus dan gampang mengeluarkan kartu kuning seperti yang ditunjukkannya di Municipal Stadium, Poznan, dengan menjatuhkan tiga kartu kuning bagi pemain Gli Azzurri dan empat kartu kuning termasuk satu kartu merah terhadap pemain Irlandia.(MEG/AS)

Sumber :

No comments:

Post a Comment

http://www.facebook.com/profile.php?id=1795768781